Jumat, 06 Agustus 2021

Tips Agar Penggunaan Kompor Gas Irit

  fagundes       Jumat, 06 Agustus 2021

Kompor gas menjadi alat memasak yang populer digunakan masyarakat sejak tahun 2010-an, dan terus digunakan hingga kini. Namun, seiring dengan perkembangan waktu penggunaan kian banyak, hingga tagihan pembelian LPG juga semakin tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, Anda perlu tahu cara menggunakan LPG dengan benar agar penggunaannya lebih efektif.

Penggunaan gas LPG yang boros menjadi kendala tersendiri ketika ingin berkreasi masakan favorit di rumah. Apalagi jika LPG sedang langka di pasaran, tentu hal ini membuat kerepotan tersendiri. Untuk itu daripada repot, sebaiknya terapkan cara hemat menggunakan LPG berikut ini :

Tips Agar Penggunaan Kompor Gas Irit

Gunakan selang berkualitas

Kualitas selang gas berpengaruh juga terhadap pemakaian gas itu sendiri, karena sifat gas yang menekan ke segala arah. Selang yang bagus adalah yang memiliki kualitas tekanan 500 psi. Apabila selang memiliki kemampuan kurang dari 500 psi, maka selang tersebut mudah kendor dan gas dapat keluar dari sela-sela selang. Sehingga gas akan berkurang, bahkan cepat habis.

Pilihlah selang gas yang lentur, tebal, dan terbuat dari karet asli. Pilih juga selang yang sudah terstandar, bukan selang yang asal didapat saja. Selain membuat gas lebih awet, selang merupakan perangkat keselamatan kompor yang penting. 


Pakai regulator yang bagus

Regulator juga berperan penting terhadap pemakaian gas. Regulator yang berkualitas terbuat dari material yang kuat, misalnya kuningan, karena kuat, anti karat, dan tahan lama. Selain itu, untuk menjamin kualitas regulator, pilihlah yang terstandarisasi keamanan dan daya tahannya.

Tips lagi agar kompor Rinnai lebih irit dan menjamin keselamatan Anda, apabila meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya cabut regulator untuk mencegah terjadinya kebocoran gas. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan rumah.


Memakai pengait regulator

Pengait regulator merupakan alat tambahan agar pemasangan regulator lebih aman dan terhindar dari kebocoran. Pengait regulator yang baik adalah yang mampu mengunci regulator pada tabung, sehingga tidak longgar. Alat ini biasanya terbuat dari bahan plastik dan plat besi, tetapi sebenarnya yang lebih bagus adalah plat besi. Agar lebih maksimal, pilihlah plat dengan ketebalan minimal 3 mm.

Tidak semua regulator aman digunakan, atau jika regulator sudah lama biasanya mudah longgar. Hal itu menyebabkan gas dapat keluar dan membuatnya cepat boros, sehingga inilah peran penting pengait regulator.


Menggunakan alat masak dari stainless steel

Selain regulator dan selang, gunakan alat masak yang efektif menghantar panas, seperti stainless steel. Meskipun di pasaran banyak alat masak yang terbuat dari aluminium dan enamel, tetapi kedua bahan ini bukanlah penghantar panas yang baik daripada stainless steel.

Selain efektif menghantar panas, stainless steel juga anti karat dan mudah dibersihkan. Sehingga tak hanya membuat penggunaan LPG lebih irit, tetapi juga membuat dapurmu lebih bersih.


Rutin membersihkan kompor gas

Jangan menganggap remeh untuk urusan kebersihan kompor gas. Sebab, saluran yang kotor akan mengakibatkan api tidak maksimal, seperti lebih rendah atau tidak berwarna biru. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini mengakibatkan penggunaan LPG lebih boros.

Sebaiknya bersihkan kompor gas minimal 4 bulan sekali atau lebih baik lagi, satu bulan sekali. Selain membersihkan bagian luarnya, jangan lupa untuk membersihkan saluran tungkunya.

Ketika berkreasi di dapur, kompor gas merupakan bagian yang terpenting untuk menunjang kreasimu.

logoblog

Thanks for reading Tips Agar Penggunaan Kompor Gas Irit

Previous
« Prev Post